Chapter

Para Kontributor

Author(s):
Ana Corbacho, and Shanaka Peiris
Published Date:
October 2018
Share
  • ShareShare
Show Summary Details

Mia Frances R. Agcaoili sedang melaksanakan secondment sebagai analis ekonomi di Kantor Perwakilan Menetap (Resident Representative Office) IMF di Manila, Filipina, di mana tugas utamanya adalah menulis bagian perkembangan pasar keuangan ASEAN-5 dalam ASEAN-5 Economic Monitor dan menyediakan penelitian dan dukungan statistik kepada tim negara IMF mengenai Filipina. Ia juga telah melakukan beberapa pekerjaan ekonometrika mengenai reformasi pajak dan kebijakan moneter. Sebelum ditugaskan di Kantor Perwakilan Menetap IMF, ia bekerja sebagai pegawai bank sentral di Departemen Statistik Ekonomi Bangko Sentral ng Pilipinas. Ia memiliki spesialisasi dalam bidang utang luar negeri dan neraca pembayaran dan memelopori inisiatif bank sentral dalam menyempurnakan model keberlanjutan utang bank sentral. Ia memperoleh gelar sarjana dalam bidang statistik pada tahun 2011 dan gelar master dalam manajemen teknologi pada tahun 2015—keduanya dari University of the Philippines.

Julian T. S. Chow adalah ekonom senior di Departemen Moneter dan Pasar Modal IMF. Pekerjaan pengawasan terhadap perbankan di emerging market dan sektor korporasi yang ia lakukan telah diterbitkan dalam Laporan Stabilitas Keuangan Global (Global Financial Stability Report) dan Laporan Limpasan (Spillover Report) IMF serta dalam Laporan tentang Struktur dan Insentif Pendanaan Perusahaan (Report on Corporate Funding Structures and Incentives) Dewan Stabilitas Keuangan. Ia juga pernah bekerja secara luas dalam Program Penilaian Sektor Keuangan IMF dalam berbagai kapasitas, antara lain sebagai wakil kepala misi untuk Azerbaijan, penguji stress test untuk Meksiko, dan ahli sektor keuangan untuk India dan Malaysia. Ia memulai kariernya di Bank Negara Malaysia, yaitu bank sentral di mana ia bertindak sebagai manajer valuta asing di Departemen Operasi Investasi dan Pasar Keuangan. Ia juga pernah bekerja di sektor swasta sebagai senior fund manager of fixed income. Ia memegang sertifikat analis keuangan (chartered financial analyst–CFA) dan gelar pascasarjana di bidang keuangan dan ekonomika dari London School of Economics dan Royal Melbourne Institute of Technology.

Ana Corbacho saat ini adalah kepala Unit Strategi IMF. Ketika buku ini sedang dalam persiapan, ia menjabat sebagai kepala divisi di Departemen Asia dan Pasifik (Asia and Pacific Department–APD) IMF, di mana ia memimpin tim negara untuk Thailand, Grup Fiskal APD, dan Grup ASEAN APD. Ia juga memimpin operasi IMF di berbagai negara di Amerika Latin dan Karibia dan telah mengawasi berbagai proyek penting regional. Proyek-proyek penting tersebut, antara lain, partisipasi APD dalam uji coba gabungan pertama IMF dan Chiang Mai Initiative Multilateralization, laporan jejaring keuangan di Amerika Tengah dan Kolombia, dan menangani Regional Economic Outlook IMF untuk Belahan Bumi Barat selama krisis keuangan global. Antara tahun 2010 dan 2013, ia menjabat sebagai penasihat ekonomi utama untuk Institutions for Development Sector di Inter-American Development Bank, yang bertanggung jawab atas penelitian dan diseminasi. Bidang keahliannya termasuk analisis ekonomi makro, kebijakan fiskal, kemitraan pemerintah-swasta, jejaring keuangan, analisis survei rumah tangga, serta kriminal dan kekerasan. Ia meraih gelar PhD dalam bidang ekonomika dari Columbia University dan memegang Licentiate dalam bidang ekonomika dari Universidad de San Andrés.

Geraldine Dany-Knedlik sejak tahun 2018 memegang posisi postdoctoral di DIW Berlin dan melakukan penelitian tentang ekonomika moneter empiris dan makroekonomika di Departemen Makroekonomika. Ia juga berpartisipasi dalam prakiraan ekonomi gabungan, yang ditugaskan oleh Kementerian Federal untuk Urusan Ekonomi dan Energi, dan berperan dalam evaluasi situasi ekonomi secara keseluruhan dan pembangunan di Jerman, Kawasan Euro, dan seluruh dunia. Sebelum bergabung dengan DIW Berlin, ia adalah seorang mahasiswa PhD di Halle Institute of Economic Research, di Departemen Makroekonomika. Ia juga seorang ekonom di Martin Luther University of Halle-Wittenberg dan peneliti magang di IMF dan European Central Bank pada tahun 2016. Minat penelitian utamanya adalah kebijakan moneter dan ekonomika, makroekonomika dinamis, dan ekonometrika serial waktu terapan. Ia memperoleh gelar MSc di bidang ekonomika dan ekonomika internasional dari University of Nottingham.

Ding Ding adalah seorang ekonom senior di Departemen Asia dan Pasifik IMF. Saat ini ia adalah ekonom senior untuk tim Tiongkok, serta kepala misi untuk Kiribati. Ia sebelumnya bekerja untuk beberapa negara-negara maju dan emerging market, termasuk Australia, Korea, Selandia Baru, dan Sri Lanka, dan telah menghasilkan penerbitan dalam berbagai topik, termasuk hubungan keuangan makro, transmisi kebijakan moneter, dan pemodelan dan prakiraan makroekonomika. Ia memperoleh gelar PhD dalam bidang ekonomika dari Cornell University.

Ichiro Fukunaga adalah ekonom senior di Departemen Strategi, Kebijakan, dan Ulasan IMF, di mana ia menangani berbagai bidang kebijakan IMF. Ia juga anggota tim negara IMF untuk Thailand di Departemen Asia dan Pasifik. Sebelum bergabung dengan IMF pada tahun 2015, ia adalah ekonom senior di Bank of Japan, di mana ia menangani proyeksi dan pemodelan ekonomi makro, analisis ekonomi, dan analisis pasar keuangan. Ia meraih gelar PhD di bidang ekonomika dari London School of Economics dan MA dan BA di bidang ekonomika dari University of Tokyo.

Juan Angel Garcia saat ini adalah ekonom senior untuk tim Thailand di Departemen Asia dan Pasifik IMF. Sebelum bergabung dengan IMF, ia bekerja di Bank Sentral Eropa di beberapa departemen dan divisi, termasuk Direktorat Jenderal Penelitian, Pasar Modal dan Struktur Keuangan, dan Perkembangan Ekonomi Makro Zona Euro. Bidang keahliannya adalah makroekonomika, penentuan harga aset, dan perkiraan inflasi. Ia memperoleh gelar PhD di bidang ekonomika dari University of Warwick, Inggris.

David Grigorian adalah ekonom senior di Departemen Asia dan Pasifik IMF, sedang melaksanakan secondment dari Departemen Moneter dan Pasar Modal. Ia meraih gelar PhD bidang ekonomika dari University of Maryland at College Park, MA dalam bidang ekonomika dari Central European University, dan MSc dalam bidang teknik industri dari American University of Armenia. Sepanjang kariernya di Departemen Moneter dan Pasar Modal (2009–16), ia berurusan dengan beragam negara emerging market dan negara maju (termasuk Bahama, Barbados, Bulgaria, Siprus, Yunani, Jamaika, Kuwait, Maroko, Tunisia, dan Vietnam) mengenai isu-isu seperti restrukturisasi utang pemerintah dan perusahaan, pengembangan pasar utang, dan manajemen krisis keuangan. Dalam posisi sebelumnya sebagai ekonom di Irak (2006–09), ia membantu pemerintah mempersiapkan kerangka ekonomi makro di bawah pendudukan dan membuat rancangan anggaran federal untuk tahun 2007, 2008, dan 2009. Ia telah menghasilkan penerbitan dalam berbagai topik, termasuk perbankan dan pasar modal, pertumbuhan dan lembaga, remitansi, dan kinerja fiskal, dan penelitiannya dikutip secara luas.

Jaime Guajardo adalah seorang ekonom senior di Departemen Asia dan Pasifik IMF. Ia bekerja di Divisi ASEAN-4 sebagai ekonom untuk Indonesia. Ia telah berada di IMF selama 13 tahun dan di departemennya saat ini selama 4 tahun terakhir. Sebelum itu ia bekerja di Departemen Riset, Institut IMF, dan Departemen Eropa. Ia melakukan studi tingkat sarjana dan masternya di Universidad de Chile, dan ia memiliki gelar PhD dalam bidang ekonomika dari University of California, Los Angeles. Ia adalah warga negara Chile.

Hoe Ee Khor adalah seorang ekonom kepala dan anggota manajemen senior dari ASEAN+3 Macroeconomic Research Office (AMRO). Ia bertanggung jawab atas fungsi pengawasan AMRO serta memimpin dan mengelola pekerjaan pengawasan ekonomi makro dan pasar keuangan di kawasan ASEAN+3 dan negara anggotanya. Posisi ia sebelumnya antara lain wakil direktur Departemen Asia dan Pasifik IMF, asisten direktur pelaksana Monetary Authority of Singapore, dan kepala ekonom Abu Dhabi Council for Economic Development. Ia memiliki gelar PhD di bidang ekonomika dari Princeton University.

Minsuk Kim adalah ekonom di IMF. Sejak bergabung dengan IMF pada tahun 2011, ia telah bekerja secara luas di bidang pengawasan multilateral dan reformasi struktural dan menjabat sebagai anggota misi IMF untuk beberapa negara anggota, terakhir ke Filipina, Kanada, dan Pakistan. Ia meraih gelar PhD di bidang ekonomika dari University of California, Los Angeles.

Rui C. Mano adalah seorang ekonom di Departemen Asia dan Pasifik IMF. Kerjanya mencakup Tiongkok dan Hong Kong SAR dan sebelumnya pada Mongolia, Korea, dan Filipina. Ia memulai karier IMF-nya di Departemen Penelitian, menganalisis topik-topik sektor eksternal multilateral, termasuk ketidakseimbangan global. Minat penelitiannya mencakup risiko nilai tukar, intervensi valuta asing, dan ketidakseimbangan global. Ia meraih gelar PhD di bidang ekonomika dari University of Chicago.

Dirk Muir adalah ekonom senior di Departemen Asia dan Pasifik IMF, di mana ia bekerja di Divisi Australia–Selandia Baru. Sebelumnya, ia adalah anggota lama Divisi Pemodelan Ekonomi Departemen Penelitian, yang fokus pada pengembangan dan penggunaan model ekonomi makro skala besar. Ia pernah menangani berbagai macam isu dalam ekonomi internasional menggunakan model, termasuk hubungan Australia dengan Tiongkok, pasar minyak, dan penyeimbangan global, serta kebijakan fiskal Australia, reformasi struktural Italia dan Eropa, dan isu-isu yang lebih umum terkait konsolidasi fiskal dan pengganda (multipliers). Ia meraih gelar MA bidang ekonomika dari Queen’s University (Kanada). Ia pernah menjabat berbagai posisi sebelum bergabung dengan IMF, di Bank of Canada, Departemen Keuangan Kanada, Norges Bank, Bank Sentral Eropa, dan Deutsche Bank Global Markets London.

Pablo Lopez Murphy adalah wakil kepala divisi di Divisi Studi Regional Departemen Asia dan Pasifik IMF. Ia memimpin tim negara IMF untuk Fiji. Sebelum menduduki posisi ini, ia adalah seorang ekonom senior untuk tim yang memantau Yunani selama tahun 2014–16 dan untuk tim Spanyol selama tahun 2012–14, di Departemen Eropa. Antara tahun 2009 dan 2011 ia menjabat di Departemen Urusan Fiskal, di mana ia bekerja pada tim yang memantau Meksiko dan Lebanon. Ia juga berpartisipasi dalam misi bantuan teknis ke Hongaria, Yordania, Botswana, dan bekas Republik Yugoslavia Makedonia. Bidang keahliannya adalah ekonomi makro internasional dan keuangan publik. Ia menerima gelar PhD dalam bidang ekonomika dari University of California, Los Angeles, dan gelar Licentiate bidang ekonomika dari Universidad Nacional de La Plata pada tahun 1998.

Shanaka Jayanath (Jay) Peiris saat ini adalah kepala misi Departemen Asia dan Pasifik IMF untuk Myanmar dan wakil kepala Divisi ASEAN-2, yang meliputi pengawasan keuangan makro ASEAN untuk Departemen Asia dan Pasifik. Sebelumnya ia adalah perwakilan menetap IMF di Filipina, ekonom senior pada Departemen Asia dan Pasifik dan Moneter dan Pasar Modal yang meliputi negara-negara Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Asia Selatan, dan kepala misi untuk negara-negara kepulauan Pasifik, dan ia memimpin sebuah sub-kelompok kerja tentang risiko harga aset untuk Mutual Assessment Process G20. Ia juga bekerja untuk Afrika Timur dan Selatan. Ia bergabung dengan IMF pada tahun 2001 setelah menerima gelar PhD dalam bidang ekonomika di Oxford University. Ia adalah seorang dosen ekonomika matematis dan ekonometrika di Sommerville College dan Jesus College, Oxford. Sebelumnya, ia pernah magang di Deutsche Bank AG dan Bank Dunia.

Aubrey Poon adalah postdoctoral fellow di University of Strathclyde dan research associate di Pusat Analisis Ekonomi Makro Terapan di Australian National University. Bidang penelitian utamanya adalah makroekonometrika terapan, terutama dalam penerapan parameter bervariasi-waktu dan model volatilitas stokastik untuk masalah ekonomi makro, seperti analisis siklus bisnis, prakiraan, dan pemodelan inflasi. Ia menerima gelar PhD dan master di bidang ekonomika dari Australian National University.

Khristine L. Racoma adalah seorang analis ekonomi yang melaksanakan secondment pada Kantor Perwakilan Menetap IMF di Manila, Filipina, di mana ia melakukan penelitian dan menangani catatan analitis yang diberikan kepada tim misi IMF. Ia menangani permintaan untuk pengumpulan informasi dan analisis reformasi pajak dan fiskal dan masalah kebijakan riil. Sebelum bergabung dengan IMF, ia bekerja sebagai ekonom II pada Kantor Penelitian dan Informasi Departemen Keuangan Filipina. Tugas utamanya mencakup analisis kuantitatif program reformasi pajak komprehensif departemen tersebut. Ia menerima gelar sarjana ekonomika dari University of Santo Tomas.

Sohrab Rafiq adalah ekonom di Departemen Asia dan Pasifik IMF. Selain berpartisipasi dalam misi pengawasan ke negara-negara anggota, ia pernah terlibat dalam mendukung dan menegosiasikan sejumlah program yang dipimpin IMF. Ia sebelumnya bekerja sebagai ekonom untuk Bank Sentral Eropa di Frankfurt dan dana abadi pemerintah Malaysia (Khazanah Nasional) di Kuala Lumpur. Ia meraih gelar PhD dalam bidang ekonomika dari University of Nottingham, dengan spesialisasi dalam bidang makroekonometrika. Ia telah menerbitkan banyak artikel jurnal penelaahan sejawat di bidang makroekonomika dan makroekonometrika.

Sherillyn R. Raga adalah research associate di Kantor Perwakilan Menetap IMF di Manila, Filipina, melaksanakan secondment di Bangko Sentral ng Pilipinas pada tahun 2015–16, di mana ia merumuskan halaman pasar keuangan ASEAN-5 untuk monitor ekonomi regional bulanan, berkontribusi pada Cluster Report on the Evolution of Monetary Policy Frameworks in the ASEAN-5, dan merupakan anggota tim untuk Misi Artikel IV IMF untuk Republik Palau. Sebelumnya ia bekerja selama lebih dari lima tahun di Departemen Hubungan Internasional Bangko Sentral, di mana ia mempersiapkan, antara lain, posisi bank sentral tersebut terkait integrasi keuangan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (Southeast Asian Nations), Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization), inisiatif kerja sama bilateral bank sentral, dan kegiatan pengembangan kapasitas regional. Ia memperoleh gelar ekonomika dari University of the Philippines dan saat ini menjadi kandidat untuk MSc di bidang ekonomika untuk pembangunan di Oxford University.

Umang Rawat adalah ekonom di Departemen Moneter dan Pasar Modal IMF, di mana ia menangani isu-isu yang berkaitan dengan kebijakan moneter, makroprudensial, dan nilai tukar. Sebelumnya, ia bekerja di Departemen Asia dan Pasifik yang menangani isu-isu sektor moneter dan keuangan untuk Singapura dan sebagai bagian dari Regional Economic Outlook IMF untuk Asia dan Pasifik pada tahun 2017. Ia juga pernah bekerja secara luas menangani isu-isu yang berkaitan dengan special drawing rights (SDR) IMF, termasuk peninjauan inklusi renminbi dalam wadah SDR. Bidang keahliannya termasuk analisis ekonomi makro, dinamika siklus bisnis, kebijakan moneter, dan hubungan makro-keuangan. Ia meraih gelar PhD dan bachelor ekonomika dari University of Cambridge.

Manrique Sáenz saat ini adalah ekonom senior untuk tim Thailand di Departemen Asia dan Pasifik IMF. Selama kariernya di IMF, ia telah memperoleh banyak pengalaman dalam isu-isu emerging market, termasuk keberlangsungan fiskal, arus modal internasional, dan dampak krisis keuangan global terhadap negara ekonomi baru. Selama tahun 2011–14, ia menjadi penasihat senior untuk menteri keuangan Kosta Rika, di mana ia menangani, antara lain, isu-isu reformasi fiskal, jaminan sosial (asuransi kesehatan dan sistem pensiun), dan pembiayaan fiskal dalam negeri. Sebelum bergabung dengan IMF pada tahun 2005, ia bekerja di Bank Sentral Kosta Rika sebagai peneliti dan penasihat bagi gubernur. Bidang keahliannya adalah makroekonomika dan kebijakan fiskal. Ia memperoleh gelar PhD di bidang ekonomika dari University of California, Los Angeles.

Xiaohui Wu adalah pekerja magang musim panas di Departemen Asia dan Pasifik IMF pada tahun 2017 dan merupakan kandidat PhD di George Washington University. Minat penelitiannya meliputi keuangan internasional dan model ekonometrika non-linear. Ia telah melakukan penelitian tentang perilaku non¬linear aliran modal dan nilai tukar. Ia menerima gelar MA di bidang ekonomika dari George Washington University pada tahun 2014. Sebelumnya, ia bekerja di departemen audit KPMG Tiongkok dari tahun 2008 hingga 2011, di mana ia mengkhususkan diri dalam audit keuangan sektor manufaktur dan komunikasi. Ia menerima gelar BA di bidang ekonomika dan hukum dari Xiamen University pada tahun 2008.

Yiqun Wu saat ini menjadi ekonom di Divisi ASEAN-2 Departemen Asia dan Pasifik IMF, yang meliputi Myanmar dan Thailand. Sebelumnya, ia adalah ekonom utama untuk Kepulauan Solomon, sebuah negara program di bawah Extended Credit Facility. Ia pernah bekerja di Divisi Studi Regional Departemen Asia dan Pasifik dan membantu menulis beberapa bab analitik lintas negara dalam Regional Economic Outlook Asia dan Pasifik. Pengalaman negaranya di IMF termasuk Kiribati, Palau, dan Papua Nugini, dan ia telah berkontribusi pada agenda penelitian dan kebijakan IMF di negara-negara kecil, termasuk dua makalah Dewan IMF dan beberapa makalah kebijakan. Bidang keahliannya termasuk makroekonomika, ekonomika internasional, dan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan. Ia memperoleh gelar PhD di bidang ekonomika dari State University of New York, Buffalo.

    Other Resources Citing This Publication